Daftar harga ponsel terbaru 2017 smartphone dan tablet android Samsung Galaxy lengkap dengan spesifikasi, review, kelebihan dan kekurangannya.

Harga Samsung Galaxy Grand 2 G7102 September 2017

Menyusul kesuksesan saudaranya, Samsung akhirnya merilis Galaxy Grand 2 ke pasaran. Smartphone terbaru ini akan bertarung di segmen kelas menengah. Sebagai jagoan baru Samsung, ponsel baru ini tentunya dibekali spesifikasi mumpuni dan fitur-fitur yang lebih canggih dibanding para pendahulunya.

Kelebihan tersebut sudah langsung terlihat pada layarnya. Layar Samsung Galaxy Grand 2 lebih lapang dibandingkan dengan seri Galaxy Grand lainnya. Prosesornya juga sudah menggunakan Quad Core dan mempunyai kemampuan dual SIM.

Sistem operasi yang dibawanya memang masih menggunakan Android Jelly Bean. Namun, berdasarkan rilis resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan, Samsung Galaxy Grand 2 sudah dapat menikmati update ke android KitKat. Proses update software ini bisa dilakukan secara OTA (Over The Air) jadi sangat memudahkan pengguna.

Walaupun layarnya bertambah lebar, bukan berarti bodi ponsel juga melar dan bongsor. Hanya bertambah pada tingginya saja. Selebihnya Samsung Galaxy Grand 2 malah dibuat lebih ramping dari seri sebelumnya. Bahan yang digunakan masih memakai material plastik, meniru finishing Samsung Galaxy Note 3 yang diolah sedemikian rupa hingga menyerupai kulit. Dilengkapi dengan aksen jahitan pada sisi-sisinya yang membuatnya terlihat elegan.

Peletakan tombol-tombol fungsional masih sama dengan seri-seri galaxy lainnya. Pada bagian kanan ada tombol power dan bagian kiri ada tombol untuk mengatur volume. Di bagian bawah ada port untuk microUSB sekaligus colokan untuk mengisi baterai. Sedangkan di bagian atas ada lubang untuk jack audio 3,5 mm.

Harga Samsung Galaxy Grand 2 G7102

Harga Baru: Rp. 2.900.000,00
Harga Second: Rp. 2,150,000.00
Lihat juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, layar Galaxy Grand 2 lebih lebar dari semua varian Grand yang pernah ada sebelumnya. Phablet ini membawa layar 5,25 inci dengan teknologi TFT touchscreen. Bukan cuma ukuran, resolusi layarnya juga mengalami peningkatan, kulitasnya menjadi HD (720 x 1280 pixels). Begitu juga dengan kerapatan layarnya yang mengalami peningkatan menjadi 280 ppi. Sebagai ponsel kelas menengah, spesifikasi layar ponsel ini terbilang sangat bagus.

Samsung Galaxy Grand 2 membawa android Jelly Bean sebagai sistem operasinya. Untuk antarmukanya sendiri sudah dibekali dengan TouchWIZ UI khas Samsung yang kini diaplikasikan pada seri Galaxy terbaru. Phablet ini juga dibekali fitur Smart Stay seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy Mega 5.8 dan Samsung Galaxy Core duos. Fitur ini akan membuat ponsel terus menyala saat sensor mendeteksi mata pengguna masih tertuju pada layar. Sangat berguna ketika kita browsing dan membaca e-book agar lampu layar tidak mati karena lama tidak disentuh.

Samsung Galaxy Grand 2 G7102
Samsung Galaxy Grand 2 G7102

Pada sektor hardware, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Pasalnya, Samsung sudah membekali Galaxy Grand 2 dengan prosesor yang lebih tangguh. Jika pada seri Grand sebelumnya hanya bermodalkan prosesor dual core dari Broadcom, maka pada Grand 2 ini sudah membawa prosesor Quad Core dari Snapdragon. Sokongan kapasitas RAM sebesar 1,5 GB membuat phablet ini cukup mumpuni saat dijajal untuk menjalankan multitasking.

Sayangnya, kapasitas memori internal phablet bisa dibilang kecil. Dari status 8 GB yang tertera, hanya 5 GB yang bisa digunakan oleh user untuk menampung berbagai file. Sisanya sudah dimakan oleh sistem. Mau tak mau, pengguna harus menambah dengan slot memori eksternal yang sanggup menampung hingga 64 GB. Untuk kapasitas baterai, memang ada peningkatan dari 2100 mAh menjadi 2600 mAh.

Saat dilakukan pengujian menggunakan Antutu, Samsung Galaxy Grand mendapatkan skor 14372. Lebih unggul dari Sony Xperia C dan Lenovo S920. Sementara saa diuji via Quadrant Standar, Grand 2 mendapatkan nilai sebesar 7041. Hasil ini lebih baik dari Xperia C yang mendapatkan nilai 4955. Namun masih kalah jika dibandingkan dengan Xperia M2 dan Motorola Moto G.

Berikut ini tabel perbandingan hasil Benchmark dari Samsung Galaxy Grand 2, dibandingkan beberapa ponsel lain di kelasnya.

Tipe PonselAntutu BenchmarkQuadrant Standard
Samsung Galaxy Grand 2143727041
Sony Xperia M2172978597
Acer Liquid E3138914885
Sony Xperia C136794955
Lenovo S920135464991
Acer Liquid E2136713878
Motorola Moto G158898433

Untuk sektor kamera, Samsung Galaxy Grand 2 tidak mengalami peningkatan yang berarti. Kamera utamanya masih mengandlakkan lensa berkekuatan 8 megapiksel dan kamera depannya 1,9 megapiksel. Pada kamera belakangnya sudah dilengkapi dengan berbagai pengaturan autofokus serta ditemani dengan LED flash untuk pemotretan dalam kondisi minim cahaya. Pengaturan lain seperti Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, beauty face, best photo, continuous shot, best face, bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil jepretan kamera. Kamera tersebut juga dapat merekam video dengan kualitas full HD 1080p @30fps.

Untuk konektifitas, phablet ini membawa sarana koneksi standar yang juga dimiliki oleh smartphone terbaru yang beredar saat ini. Urusan jalur datanya, bisa menggunakan jaringan 3G maupun WiFi dengan kapabilitas Thetering Hotspot. Sarana berbagi file nirkabel ditangani bluetooth dan port microUSB untuk urusan perkabelan. Ada juga Samsung Link, yang membuat Samsung Galaxy Grand 2 bisa terhubung dengan Samsung SmartTV. Phablet ini juga memiliki kemampuan dual SIM yang aktif secara bersamaan (dual standby GSM-GSM).

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand 2 G7102

LayarTipe TFT Capacitive Touch Screen, 16M Colors
Ukuran 720 x 1280 pixels, 5.25 inches (~280 ppi pixel density)
Ukuran/Berat146.8 x 75.3 x 8.9 mm / 163 gram
OSAndroid OS, v4.3 (Jelly Bean) upgrade to KitKat
CPUQualcomm MSM8226 Snapdragon 400 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, GPU Adreno 305
MemoriInternal 8 GB, 1.5 GB RAM, MicroSD up to 64 GB
KameraPrimer 8 MP, 3264x2448 pixels, Autofocus, LED Flash
Sekunder 1.9 MP, video call, video chat
Video Record 1080p@30fps, Stereo Sound Rec.
Data3G HSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Dual-band, Wi-Fi Hotspot, DLNA
KonektifitasBluetooth v4.0 With A2DP, LE, EDR, MicroUSB v2.0
SIM CardMultiple SIM, Dual SIM GSM-GSM
BateraiTalk Time (2G) / Up to 17 h (3G)
Tipe Li-Ion 2600 mAh battery
Standby (2G) / Up to 370 h (3G)
GPSWith A-GPS Support And GLONASS
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
MultimediaVideo Player: MP4 / WMV / H.264 / H.263 Player
MP3 Player: MP3 / WAV / eAAC+ / AC3 / FLAC Player
Audio Record, Vibration, MP3, WAV Ringtones, 3.5mm Jack Audio, Speakerphone
FiturJava MIDP emulator, Radio FM, Active Noise Cancellation With Dedicated Mic, SNS Integration, Organizer, Image/Video Editor, Document Viewer, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa, Voice Memo/Dial/Commands, Predictive Text Input

Sebagai sebuah phablet, Samsung Galaxy Grand 2 membawa banyak keunggulan. Selain layarnya yang lebar, prosesornya juga memiliki kinerja yang bagus. Dukungan memori RAM sebesar 1,5 GB menjadikannya sebagai ponsel yang tangguh, baik saat diajak browsing maupun melakukan multitasking. Sayangnya, kapasitas memori internal yang disediakan terlalu kecil dan sistem operasinya masih menggunakan android Jelly Bean meskipun bisa diupdate ke KitKat.

Secara keseluruhan, prforma phablet ini sebanding dengan harga yang ditawarkan. Jika Anda menginginkan ponsel kelas menengah dengan layar lebar, kemampuan dual SIM dan performa bagus, Samsung Galaxy Grand 2 bisa dijadikan pilihan. Harganya yang dibawah rp 3 juta membuatnya masih bisa dijangkau oleh banyak masyarakat Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Harga Samsung Galaxy Grand 2 G7102 September 2017