Daftar harga ponsel terbaru 2017 smartphone dan tablet android Samsung Galaxy lengkap dengan spesifikasi, review, kelebihan dan kekurangannya.

Harga Samsung Galaxy Core Duos I8262 September 2017

Kehadiran smartphone Samsung Galaxy Core Duos di pasaran, menambah daftar ponsel pintar kelas menengah yang membawa fitur dual SIM card. Segmen pasar tersebut merupakan yang paling banyak dihuni oleh masyarakat Indonesia. Rentang harganya yang tak terlalu mahal, masih bisa dijangkau kantong. Wajar jika Samsung membanjiri pasar dengan produk-produknya. Selain menunjukkan eksistensinya, juga sekaligus untuk membendung brand-brand baru yang mengincar segmen ini. Sebut saja Xiaomi yang belakangan menjadi idola baru di segmen ini.

Melihat bentuknya, mengingatkan saya ponsel Samsung jadul, Galaxy Mini 2 yang dulu pernah saya miliki. Haya saja Core Duos mempunyai ukuran yang lebih besar dengan sebuah kamera bagian di depan. Namun hanya bentuknya saja yang mirip. Harga dan spesifikasinya jauh berbeda karena memang target pasar yang dibidiknya juga lain.

Samsung Galaxy Core Duos mengusung kemampuan dual SIM GSM dengan mode dual standby sehingga semua kartu bisa digunakan walaupun salah satunya sedang menerima panggilan masuk. Fitur yang dipopulerkan oleh ponsel-ponsel lokal berharga murah ini, sekarang juga diadaptasi oleh brand-brand ternama. Selain Samsung, LG dan Sony juga sudah mulai menambahkan fitur ini pada produk-produk terbaru mereka.

Sebagai ponsel yang diproduksi tahun 2013 lalu, spesifikasi yang ditawarkan Samsung Galaxy Core tergolong biasa atau bahkan jadul untuk ukuran ponsel jaman sekarang. Prosesornya saja masih menggunakan dual core. Padahal saat ini, dengan harga yang ditawarkan Anda bisa mendapatkan smartphone lokal berprosesor quad core.

Harga Samsung Galaxy Core Duos I8262

Harga Baru: Rp. 1,299,000.00
Harga Second: Rp. 850,000.00
Lihat juga: Ponsel Samsung Harga 1 Jutaan

Banderol harga yang disematkan pada Samsung Galaxy Core Duos saat pertama kali muncul lebih dari 2 jutaan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, harga tersebut kini semakin menurun. Di toko online Lazada, ponsel ini sekarang bisa didapatkan hanya dengan harga 1,2 juta saja. Sementara tipe terbaru, yaitu Samsung Galaxy Core 2 masih dibanderol dengan harga sekitar 1,8 jutaan. Bahkan ada yang menawarkan dengan harga lebih murah.

Untuk urusan desain, Core Duos masih sama dengan seri Samsung Galaxy menengah lainnya. Berbahan dasar plastik glossy yang cukup nyaman digenggam. Port dan tombol-tombol tidak ada perubahan tempat. Tombol power ada pada sisi kanan, sedangkan di sisi kirinya terdapat tombol untuk volume. Port USB sekaligus charger berada pada bagian bawah, dan port jack audio di bagian atas. Tepat di bawah bentangan layarnya, terdapat satu buah tombol fisik untuk home yang diapit oleh dua buah touchkey untuk option dan back.

Samsung Galaxy Core I8262 dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,3 inci dengan resolusi (480 x 800 pixels). Layar berteknologi TFT kapasitif tersebut sudah mendukung multi sentuh hingga 10 titik. Hal ini sangat membantu pengguna mengeksplor semua bagaian dalam smartphonenya. Kerapatan layar sebesar 217 ppi membuat ponsel ini mampu menampilkan gambar cukup jernih dan tajam.

Pada sektor antarmukanya, Samsung Galaxy core membawa TouchWIZ UI yang berjalan di atas sistem operasi android Jelly Bean. Smartphone ini juga membawa fitur Smart stay seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy S4 dan Galaxy Mega 5.8 yang kemarin kita kupas tuntas. Dengan fitur ini, lampu backlibht pada layar akan terus menyala selama mata kita tertuju pada layar. Sangat berguna saat kita browsing atau mmbaca e-book. Lampu layar tidak akan mudah redup dan mati.

Samsung Galaxy Core Duos I8262
Samsung Galaxy Core Duos I8262

Spesifikasi hardware yang dibawa Samsung Galaxy Core Duos memang tidak terlalu istimewa. Termasuk prosesornya yang hanya mengandalkan dual core berkecepatan 1,2 GHz didukung oleh kapasitas RAM sebesar 1 GB. Namun untuk performanya cukup dapat diandalkan. Karena walau bagaimana pun chipset yang digunakan miliknya Qualcomm, Snapdragon S4 Play yang terkenal tangguh. Saat diuji menggunakan Antutu, skor Galaxy Core berada di peringkat terbawah. Sementara via Quadran Standard menempatkannya diatas Galaxy Tab 10.1.

Pada sektor imaging, Samsung Galaxy Core Duos dibekali dua buah akmera. Kamera belakangnya sebesar 5 megapiksel dan telah dilengkapi dengan LED flash. Beberapa pengaturan untuk fokus, geo-tagging, face mode dan lainnya sudah disematkan untuk memaksimalkan hasil jepretan. Kamera depannya hanya VGA, namun sudah dapat digunakan untuk video call.

Sebagai penampung file hasil gambar dan file-file lainnya, Samsung Galaxy Core menyediakan ruang memori iternal sebesar 8 GB. Untuk ukuran ponsel seharga 1 jutaan tentu ini merupakan kapasitas yang cukup besar. Slot memori eksternalnya juga siap menampugn kartu memori hingga 32 GB.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Samsung Galaxy Core duos membawa kapabilitas dual SIM. Jenis kartu SIM yang digunakan adalah micro-SIM, lebih kecil dari ukuran SIM biasa. Tapi tidak perlu khawatir, sebab hampir semua konter sekarang sudah menyediakan alat khusus pemotong kartu. Kemampuan dual SIM tersebut sudah mendukung mode dual standby. Artinya, Anda tetap bisa menerima panggilan pada kartu lain meski kartu satunya sedang dipakai bicara. Fitur ini harus diaktifkan lewat settingan SIM Management dengan mencentang pilihan dual SIM Always On. Namun, fitur ini tentu saja cukup menguras daya. Sementara baterai yang digunakan hanya sebesar 1800 mAh.

Untuk sektor konektifitas terbilang standar. Jalur data 3G HSDPA bisa digunakan jika ingin terhubung ke internet. Alternatif lainnya bisa menggunakan WiFi hotspot yang tersedia di sekitar anda (jika ada). Sarana berbagi file, bisa menggunakan bluetooth untuk jalur wireless dan port microUSB untuk jalur kabel.

Spesifikasi Samsung Galaxy Core Duos I8262

NetworkGSM 850 /900 /1800 /1900, 3G HSDPA 900 /2100
LayarTipe TFT Capacitive Touch Screen, 16M Colors, Multitouch
Ukuran 480 x 800 pixels, 4.3 inches (~217 ppi pixel density)
Ukuran/Berat129.3 x 67.6 x 9 mm / 124 gram
MemoriInternal 8 GB, 1 GB RAM, Eksternal MicroSD up to 32 GB
Data3G HSDPA 7.2 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, EDGE, GPRS
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
KonektifitasBluetooth v3.0 With A2DP, Port MicroUSB v2.0
KameraPrimer 5 MP, 2592 x 1944 pixels, Autofocus, Flash, Sekunder VGA
Geo-tagging, Touch Focus, Face And Smile Detection
Video Record 480p @30fps
BateraiTipe Li-Ion 1800 mAh battery
Talk Time Up To 14 H (2G) / Up To 9 H (3G)
Standby Up To 500 H (2G) / Up To 300 H (3G)
OSAndroid OS v4.1.2 (Jelly Bean)
CPUSnapdragon MSM8225 S4 Play Dual-core 1.2 GHz Cortex-A5
GPU Adreno 203, Sensors Accelerometer, Proximity, Compass
SIM CardMultiple SIM, Dual SIM GSM-GSM
GPSWith A-GPS Support And GLONASS

Belakangan ini, produksi ponsel dual SIM dari Samsung sepertinya cukup gencar. Selain Samsung Galaxy Core duos, ponsel terbaru Samsung lainnya yang juga memiliki kemampuan yang sama adalah Galaxy J7, Galaxy A7 dan Galaxy E7. Namun, strategi tersebut rupanya diikuti juga oleh vendor ponsel lainnya seperti LG, Sony dan Lenovo.

Jika Anda meninginkan ponsel murah seharga 1 jutaan yang punya kemampuan dual SIM dari brand ternama, Samsung Galaxy Core mungkin bisa dijadikan pilihan. Selain kemampuan dual SIM-nya, ponsl ini juga dibekali layar yang cukup luas. Kapasitas memori internal yang lega dan kapasitas RAM sebesar 1 GB bisa mendongkrak performa ponsel ini secara keseluruhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Harga Samsung Galaxy Core Duos I8262 September 2017